Sering Mengalami Pusing? Yuk, Cari Tahu Cara Mengatasinya

sick stressed dizzy woman suffering from vertigo, dizziness, headache

Pusing adalah perasaan disorientasi karena tidak seimbang atau pusing. Anda mungkin merasa seperti akan pingsan atau kondisi sekitar Anda bergerak atau berputar. Kedua perasaan tersebut kadang-kadang terjadi bersamaan dengan mual atau muntah. Pusing bukanlah kondisi medis sendiri. Ini adalah gejala dari penyebab yang mendasarinya. 

Mengobati pusing biasanya melibatkan perawatan salah satu dari kondisi lain ini. Jika dokter mencurigai Anda mengalami atau mungkin mengalami stroke, menderita pukulan di kepala, ia dapat segera menyarankan MRI atau CT scan. Kebanyakan orang mengunjungi dokter karena pusing akan ditanya tentang gejala dan pengobatan mereka dan kemudian diberikan pemeriksaan fisik. Selama pemeriksaan ini, dokter Anda akan memeriksa bagaimana Anda berjalan dan menjaga keseimbangan Anda dan bagaimana saraf utama sistem saraf pusat Anda bekerja. Dokter juga akan memberi saran sebagai cara mengatasi pusing

Anda juga mungkin memerlukan tes pendengaran dan tes keseimbangan, termasuk :

– Tes gerakan mata. 

Dokter mungkin mengawasi jalur mata Anda ketika Anda melacak objek bergerak. Dan Anda mungkin akan diberikan tes gerakan mata di mana air atau air ditempatkan di saluran telinga Anda.

– Pengujian gerakan kepala. 

Jika dokter curiga vertigo Anda disebabkan oleh vertigo posisi paroksismal jinak, ia mungkin melakukan tes gerakan kepala sederhana yang disebut manuver Dix-Hallpike untuk memverifikasi diagnosis.

– Posturografi. 

Tes ini memberi tahu dokter Anda bagian mana dari sistem keseimbangan yang paling Anda andalkan dan bagian mana yang memberi Anda masalah. Anda berdiri di atas platform dan mencoba menjaga keseimbangan dalam berbagai kondisi.

– Pengujian kursi putar. 

Selama tes ini Anda duduk di kursi yang dikendalikan komputer yang bergerak sangat lambat dalam lingkaran penuh. Pada kecepatan yang lebih cepat, ia bergerak bolak-balik dalam lengkungan yang sangat kecil. Selain itu, Anda mungkin diberikan tes darah untuk memeriksa infeksi dan tes lain untuk memeriksa kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Pengobatan

Pusing sering menjadi lebih baik tanpa perawatan. Dalam beberapa minggu, tubuh biasanya beradaptasi dengan apa pun yang menyebabkannya. Jika Anda mencari perawatan, dokter akan mendasarkannya pada penyebab kondisi dan gejala Anda. Ini mungkin termasuk obat-obatan dan latihan keseimbangan. Bahkan jika tidak ada penyebab yang ditemukan atau jika pusing Anda tetap ada, obat resep dan perawatan lain dapat membuat gejala Anda lebih mudah ditangani.

Obat-obatan

– Pil air. 

Jika Anda memiliki penyakit Meniere, dokter mungkin akan meresepkan pil air (diuretik). Ini bersama dengan diet rendah garam dapat membantu mengurangi seberapa sering Anda mengalami pusing.

– Obat yang menghilangkan pusing dan mual.

Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk segera meredakan vertigo, pusing, dan mual, termasuk resep antihistamin dan antikolinergik. Banyak dari obat ini menyebabkan kantuk.

– Obat anti-kecemasan. 

Diazepam (Valium) dan alprazolam (Xanax) berada dalam kelas obat yang disebut benzodiazepine, yang dapat menyebabkan kecanduan. Mereka juga dapat menyebabkan kantuk.

– Obat pencegahan untuk migrain. 

Obat-obatan tertentu dapat membantu mencegah serangan migrain.

– Terapi

– Manuver posisi kepala. 

Sebuah teknik yang disebut reposisi canalith (atau manuver Epley) biasanya membantu menyelesaikan vertigo posisi paroksismal jinak lebih cepat daripada hanya menunggu pusing Anda pergi. Ini dapat dilakukan oleh dokter Anda, audiolog atau terapis fisik dan melibatkan manuver posisi kepala Anda. Ini biasanya efektif setelah satu atau dua perawatan. Sebelum menjalani prosedur ini, beri tahu penyedia perawatan Anda jika Anda memiliki kondisi leher atau punggung, retina yang terlepas, atau masalah pembuluh darah.

– Terapi keseimbangan. 

Anda dapat mempelajari latihan khusus untuk membantu membuat sistem keseimbangan Anda kurang sensitif terhadap gerakan. Teknik terapi fisik ini disebut rehabilitasi vestibular. Ini digunakan untuk orang-orang dengan pusing dari kondisi telinga bagian dalam seperti neuritis vestibular.

– Psikoterapi. 

Jenis terapi ini dapat membantu orang yang pusing disebabkan oleh gangguan kecemasan.

– Prosedur bedah atau lainnya

– Suntikan. 

Dokter mungkin menyuntikkan telinga bagian dalam Anda dengan antibiotik gentamicin untuk menonaktifkan fungsi keseimbangan. Telinga yang tidak terpengaruh mengambil alih fungsi itu.

– Pengangkatan organ indera telinga bagian dalam.

Prosedur yang jarang digunakan disebut labyrinthectomy. Ini menonaktifkan labirin vestibular di telinga yang terkena. Telinga yang lain mengambil alih fungsi keseimbangan. Teknik ini dapat digunakan jika Anda memiliki gangguan pendengaran yang serius dan pusing Anda belum menanggapi perawatan lain.

Sumber :

www.healthline.com 

www.mayoclinic.org

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>